Rabu, 30 Maret 2011

Membuat aneka ramuan obat dari tanaman

Sembuh dengan ramuan alami:Tumor,Diare, Malaria,Darah tinggi,Jantung,Diabetes, Asma, Keputihan,Penyakit kulit,Anemia,dll
Banyak metode pengobatan yang akhir-akhir ini hangat dibicarakan orang. Mulai dari akupuntur,totok urat,ramuan tradisional,yoga,meditasi,batu bertuah dll. Setiap metode pengobatan mempunyai kekurangan dan kelebihan. Bagi yang memerlukan pertolongan cepat dan mendesak,tentunya pilihannya adalah obat tradisional di sekitar rumah... dibanding pengobatan medis yang membutuhkan waktu untuk mendapatkannya. Selain bahannya mudah didapat dan harganya terjangkau,pengobatan tradisional juga dianggap lebih aman karena efek samping yang ditimbulkannya lebih kecil.
Banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan tradisional, salah satunya adalah penyakit THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Saya akan membahas satu per satu penyakit THT yang sering diderita oleh masyarakat.

A. PENYAKIT ASMA

1. Gejala
   - Kesulitan bernafas.
   - Rongga dada menggembung
   - Kelenjar ludah hanya menghasilkan sedikit ludah yang sangat kental.
   - Penderita merasa lemah, terkadang mukanya berubah menjadi kebiruan.
             - Penderita asma yang akut bisa mengalami pingsan.
    
       2. Ramuan

Ada bermacam-macam ramuan tradisional yang dapat digunakan sebagai obat penyakit asma. Dan masing-masing ramuan mempunyai khasiatnya sendiri. Disini saya hanya menuliskan 12 ramuan yang sering digunakan untuk obat penyakit asma.
          

            a. Ramuan 1
                - Bahan-bahan
 Untuk obat dalam, sediakan kencur secukupnya, dua sendok makan madu dan  satu butir  telur ayam. Sementara untuk obat luar sediakan tujuh lembar daun sirih,satu sendok teh lada putih, dan minyak kayu putih.
- Cara Membuat                                                                                          
Kencur dicuci bersih, lalu diparut dan diperas. Kemudian campur dengan madu dan telur ayam, lalu dikocok. Diamkan sebentar sebelum diminum Ramuan ini digunakan sebagai obat dalam. Sementara untuk obat luar dibuat dengan menggerus daun sirih dan  lada putih hingga lumat dan halus, kemudian campur dengan minyak  kayu putih secukupnya. Lalu balurkan ramuan ini di bagian dada dan leher.

b. Ramuan 2
       - Bahan-bahan
Enam lembar daun randu (kapuk) yang masih muda, dan satu sendok
makan madu.

              - Cara Membuat

Daun randu dicuci bersih lalu digiling hingga halus, lalu diseduh dengan air panas dan tambahkan madu secukupnya. Kemudian saring air seduhan tadi. Dosis yang dianjurkan cukup dua kali sehari sebanyak dua sendok makan, dan diminum dalam keadaan hangat-hangat kuku.

c. Ramuan 3

- Bahan-bahan

 Sepuluh suing bawang putih dan satu sendok makan madu.

-Cara Membuat

Bawang putih dikupas dan dicuci bersih, kemudian dipotong-potong agak tipis. Lalu rebus dengan dua gelas air hingga tersisa hanya sekitar seperempat gelas. Dinginkan air rebusan dan saring. Tambahkan madu sebelum diminum. Dianjurkan untuk meminum ramuan ini sebanyak tiga kali sehari.

d. Ramuan 4

- Bahan-bahan

Satu genggam daun tanjung muda dan dua sendok makan kikisan kayu cendana.
                     
- Cara Membuat

Daun tanjung muda dikeringkan dan dijadikan serbuk. Kemudian campur dengan kikisan kayu cendana.
Jika penyakit asma kambuh isaplah ramuan ini beberapa kali.

e. Ramuan 5

- Bahan-bahan

Delapan lembar daun sirih, dua belas lebar daun akar gamat, dua puluh butir biji buah putat, tiga puluh butir lada putih dan tiga sendok teh minyak kayu putih.

- Cara Membuat

Semua bahan dicuci hingga bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Campuran bahan yang sudah halus diremas-remas sambil dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya.
Ramuan ini dibaluirkan ke bagian dada dan punggung  penderita.

f. Ramuan 6

- Bahan-bahan

Tujuh lembar daun sambiloto, satu sendok teh saga manis, satu sendok teh bunga belimbing, tujuh buah cengkih, tujuh buah kemukus, dan satu jari kayu manis.

- Cara Membuat

Semua bahn dicuci bersih lalu direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin kemudian air rebusan tadi di saring.
Ramuan ini diminum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

g. Ramuan 7

- Bahan-bahan

Sepuluh batang sereh dan gula secukupnya.

- Cara Membuat

Batang sereh dicuci bersih, lalu dimemarkan(dikeprek), kemudian rebus dengan lima gelas air, lalu tambahkan gula secukupnya. Setelah tersisa sekitar setengah gelas, air rebusan diangkat dan didinginkan.
Ramuan ini di minum empat kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

h. Ramuan 8

- Bahan-bahan

Satu atau dua buah mengkudu yang sudah matang, wortel dan jeruk lemon secukupnya.

- Cara Membuat

Buah mengkudu yang sudah matang dicuci bersih, dipotong kecil-kecil, lalu dibuat jus(juice), wortel dan jeruk lemon juga dibuat jus masing-masing satu gelas. Jus wortel dan jus lemon ditambahkan kedalam jus mengkudu lalu diaduk secara merata.
Ramuan ini diminum tiga kali sehari secara teratur

i. Ramuan 9

- Bhan-bahan

Dua buah mengkudu yang sudah matang, satu suing jahe dan madu secukupnya.

- Cara Membuat

Buah mengkudu dan jahe dicuci bersih, lalu dipotong-potong. Setelah itu di blender dan tambahkan air secukupnya , lalu direbus hingga mendidih. Kedalam rebusan tersebut tambahkan madu secukupnya, lalu diaduk hingga merata.
Ramuan ini dapat diminum dalam keadaan hangat.

j. Ramuan 10

- Bahan-bahan

15 gram jahe, 200 gram lobak, dan 2 sendok makan madu.

- Cara Membuat

Semua bahan dicuci bersih, lalu diblender dan tambahkan madu. Aduk hingga merata, dan dapat segera diminum.
Dapat diminum dua kali sehari secara teratur.

k. Ramuan 11

- Bahan-bahan

15 gram jahe, 10 gram daun jinten , satu ibu jari kayu manis, 15 gram ubi bidara upas, 4 butir kemukus, dan satu sendok makan madu.

- Cara Membuat

Semua bahan dicuci bersih, lalu direbus dalam 600ml air hingga tersisa  + 300 ml.Kemudian larutan tersebut disaring dan ditambahkan madu, lalu diaduk hingga mereta.
Ramuan ini dapat diminum dua kali setiap hari.


 l. Ramuan12

- Bahan-bahan

5 gram jahe, dan 30 gram daun sambung nyawa.

- Cara Membuat

Jahe dikupas dan dicuci bersama daun sambung nyawa sampai bersih. Lalu direbus dalam 500ml air hangat hingga tersisa  + 250ml, lalu disaring.
Air rebusannya diminum selagi hangat sebanyak dua kali setiap hari.

- TIPS:

Selain perawatan dengan ramuan tradisional, penderita asma dianjurkan untuk tidak merokok, mengurangi makan atau minuman dingin, tidak mandi terlalu malam, serta menjaga emosi dan stamina supaya tetap stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar